Friday, August 12, 2011

"Atletik" Yang Menghina Perang


Tank Centurion di halaman berumput itu benar-benar terbalik. Turet, meriam, kubah dan senapan mesinnya “melesak” berhimpit dengan tanah sementara rantai baja yang biasanya kasar menggaruk tanah tengadah ke langit.
Mesin perang yang mengerikan itu sekarang tak lebih seperti kecoa raksasa yang lumpuh. Terbalik dan tak bisa menyelamatkan diri.
Jangan sekali-kali berpikir tank itu terbalik akibat kena rudal atau bom. Bukan sama sekali. Tank itu memang tidak sedang berperang di medan Libya atau Afghanistan.
Ia justru terbalik “manis” disebuah kota wisata yang tenteram damai, Venesia.  Dan tentu saja tank itu juga tidak sedang berperang, ia menjadi salah satu puluhan karya instalasi dalam Biennale Arte 2011di Venesia yang mulai dihelat kemarin, Sabtu (04/6).
Di atas rantai baja yang tak berdaya itu sebuah treadmill diletakkan bahkan lengkap dengan kemampuannya untuk menyehatkan. Dia benar-benar bisa bekerja sebagai treadmill.
Jelas-jelas Atletik karya Allora dan Calzadilla memberikan penghinaan paling keras terhadap nafsu berperang. Lebih menohok karena karena Atletik justru bertempat di paviliun Amerika.
Sebelumnya Atletik  pernah ditampilkan di Indianapolis Museum of Art dan kemudian dipilih untuk mewakili AS dalam Biennale Arte 2011di Venesia.
Allora dan Calzadilla berkolaborasi sebagai tim sejak tahun 1995. Karya mereka pernah tampil dalam pameran di seluruh dunia, termasuk Museum of Modern Art di New York, Serpentine Gallery di London, Stedelijk Museum di Amsterdam hingga Palais de Tokyon di Paris.
“Mereka intelektual ekstrim dan pekerjaan mereka selalu disasarkan pada konsep yang jelas,” kata Lisa Freiman, kurator senior di Indianapolis Museum of Art.
“Mereka benar-benar terikat pada warisan praktek avant-garde tetapi mereka menciptakan kembali dalam isu-isu penting hari ini, seperti keberlanjutan, lingkungan, tempat mendefinisikan individu, struktur kekuasaan pemahaman dan cara yang mereka mempengaruhi kehidupan kita,” tambahnya.
Freiman menyebut karya Allora dan Calzadilla selalu  membuka pintu untuk kontroversi potensial.
“Kami benar-benar jujur ​​tentang apa ingin kita lakukan. Selalu ada seruan penghakiman saya pikir, seni yang baik yang tidak doktriner tetapi rumit dan provokatif, yang merupakan bagian dari perlunya demokrasi yang bebas.”
Namun tampaknya ada fakta kecil yang silap. Tank Centurion  justru buatan Inggris.

No comments:

Post a Comment