BUNGA RAMPAI
MANAJEMEN PALAYANAN PUBLIK
Oleh
Mahasiswa Program
Ilmu Administrasi Negara
PPS-UB Malang
Angkatan tahun
1998/1999
Pembina:
Drs. Mardiyono,
MPA
Drs. Bambang
Supriyono, MS
PPS-UB MALANG 1999
KATA PENGANTAR
Kajian Manajemen Pelayanan Publik mengalami dinamika yang
sangat pesat karena terkait dengan dimensi politik, ekonomi, sosial, dan
dimensi-dimensi lain yang sarat perubahan. Pendek kata tidak ada satupun
pemenuhan kebutuhan masyarakat yang tidak terkait dengan prinsip-prinsip
manajemen pelayanan publik yang berkualitas. Pada saat ini terdapat isue
korupsi, kolusi dan nepotisme yang menyimpang dan prinsip-prinsip tersebut. Hal
ini tentunya merupakan suatu tantangan yang sedapat mungkin perlu segera
diatasi. Karena itu diperlukan kajian lebih mendalam tidak hanya secara
konseptual akan tetapi juga secara pragmatis agar dapat menjawab tantangan
tersebut melalui peningkatan kualitas pelayanan publik yang berpihak pada
kepentingan masyarakat.
Merespon tantangan tersebut, mahasiswa Program Studi Ilmu
Administrasi Negara, Program Pascasarjana, Universitas Brawijaya khususnya
angkatan tahun 1998/1999 telah mendiskusikan secara intensif dan terprogram
mengenai berbagai konsep dan isue dalam rangkaian proses perkuliahan Manajemen
Pelayanan Publik selama Semester Genap 1998/1999. Buah dari proses tersebut
adalah tersajinya Bunga Rampai Manajemen Pelayanan Publik ini. Bunga rampai
sejenis telah diterbitkan pula oleh para mahasiwa angkatan sebelumnya, akan
tetapi untuk sajian kali ini terdapat beberapa substansi kajian yang berbeda,
menyesuaikan dengan topik-topik aktual yang didapat dari berbagai jurnal dan
pustaka lainnya.
Dengan tidak mengurangi arti pentingnya terbitan
sebelumnya, menurut hemat kami bunga rampai kali ini memiliki beberapa
perkembangan kajian. Kerangka konseptual tentang efektifitas dan efisiensi,
netralitas, transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, privatisasi, etika
dan budaya pelayanan publik, maupun konsep-konsep lainnya tetap ditelaah secara
kritis. Di samping itu dikaji pula berbagai fenomena global tentang upaya
peningkatan kualitas pelayanan publik yang diperoleh dari beberapa jurnal yang
dianggap relevan dengan fenomena di Indonesia. Hal ini berbeda dengan terbitan
sebelumnya yang secara spesifik menelaah kasus-kasus pelayanan publik di
Indonesia. Perbedaan ini sengaja dirancang untuk membuka wacana diskusi agar
lebih berkembang dalam menemukan esensi pelayanan publik yang lebih
mengutamakan kepentingan masyarakat pengguna jasa pelayanan.
Kami selaku tutor dan fasilitator dari mata kuliah
Manajemen Pelayanan Publik menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya
kepada para mahasiswa karena telah bernuansa "partnership" hingga
membuahkan hasil karya ini. Bunga Rampai ini adalah hasil dari suatu proses penelaahan
yang patut dihargai. Tidak ada hasil akhir yang sempurna tanpa suatu proses
pnelaahan yang sungguh-sungguh, dan karenanya proses penelaahan ini merupakan
bagian dari kesungguhan untuk mencapai kesempurnaan hasil akhir tersebut.
Kesungguhan tersebut semakin penting artinya mengingat hakekat kebenaran ilmiah
adalah bersifat relatif.
Sehubungan dengan hal tersebut, dalam sajian ini besar
kemungkinan masih ditemukan banyak kekurangan. Hal ini tentunya merupakan
tantangan bagi kita semua untuk menyempurnakannya sehingga dikelak kemudian
hari akan didapatkan wacanan Manajemen Pelayanan Publik yang lebih mutakhir.
Mudah-mudahan Bunga Rampai ini bermanfaat bagi para pembacanya. Terima kasih.
Malang, 12 Juli 1999
Drs. Mardiyono, MPA
Drs. Bambang Supriyono,
MS
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ............................................................................................
DAFTAR ISI ...........................................................................................................
1. MANAJEMEN SEKTOR PRIVAT DAN SEKTOR PUBLIK ........................
Norveman Duadji & Novita
Tresiana
2. RAHASIA JABATAN DAN NETRALITAS PEGAWAI
PENGARUHNYA
TERHADAP MONOLOYALITAS PELAYANAN
PUBLIK ...............
Tijan & Mahardin Tegap
3. EFISIENSI, EFEKTIFITAS DAN EKONOMI DALAM
PELAYANAN
PUBLIK
..............................................................................................................
Margono & Nur Wahyu Rochmadi
4. MENJAMIN AKUNTABILITAS PEJABAT PUBLIK ...................................
Fadillah Putra & Karjuni Daetuk
Maani
5. SIGNIFIKANSI KEPEMIMPINAN MANAJER PUBLIK GUNA
MEMPERBAIKI KEGAGALAN-KEGAGALAN PADA SISTEM
PEMERINTAHAN ............................................................................................
Ali Imron & Jumiati
6. MENYOROTI MEROSOTNYA PROFESIONALISME PELAYANAN
PUBLIK
..............................................................................................................
Yasril Yunus & Abdullah Said
7. ETIKA PELAYANAN PUBLIK ......................................................................
Petrus Toda Atawolo & Marthinus
Mandagi
8. MENGOPTIMALKAN PRODUKTIVITAS MELALUI
PRIVATISASI
DAN MANAJEMEN WIRAUSAHA ...............................................................
Elvis Sahri Munir & Hermawan
9. PEMERINTAH YANG DIGERAKKAN OLEH MISI DAN
BERORIEN-
TASI PADA PELANGGAN .............................................................................
Hadi Soekanto & Sri Untari
10.REFORMASI
LAYANAN UMUM:
MENEMUKAN KEMBALI ATAU MELEPASKAN
BEBAN ......................
Lukman Arif & Kartika Ningtias
11.BANISHING
BUREAUCRASY:
THE FIVE STRATEGIES FOR REINVENTING
GOVERNMENT ..............
Unggul & Heryono Susilo Utomo
12.PERJUANGAN
DALAM USAHA TRANSFORMASI:
PENELITIAN TENTANG TQM, KEPEMIMPINAN, DAN
KULTUR
ORGANISASI PADA LEMBAGA PEMERINTAH .......................................
Andhy Hendro Wijaya dan Hermawan
No comments:
Post a Comment