Saturday, November 24, 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester        : V/I
Alokasi Waktu           : 12 x 35 menit
                                      Pert. 8 – 11 (4 minggu)

I.         Standart Kompetensi
1.         Menghargai berbagai peninggalan dan sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha, dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia.

II.         Kompetensi Dasar
1.3   Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya.

III.         Tujuan Pembelajaran**
¨         Siswa dapat mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya.

v  Karakter siswa yang diharapkan  :  Disiplin ( Discipline ), Rasa Hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Jujur ( fairness ) dan Ketelitian ( carefulness )

IV.         Materi Pokok
·            keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan peta/atlas/globe dan media lainnya.

V.         Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1 – 4)
Pertemuan 8-11
·            Kegiatan awal
*    Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaanmasing-masing, untuk mengawali pelajaran
*      Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·            Kegiatan inti
*               Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
*    Memberi tugas kepada siswa untuk menggambar peta Indonesia dengan menggunakan symbol.
*    Menjelaskan tentang cara-cara memberikan simbol pada peta yang telah dibuat siswa.
*    Menyebutkan dan menjelaskan cirri-ciri kenampakan alam dan buatan pada peta Indonesia.
*    Menjelaskan dengan peta serta menunjukkan pembagian wilayah waktu di Indonesia
*    Menyebutkan wilayah pembagian waktu di Indonesia
*    Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran dan memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan dilaboratorium, studio atau lapangan.
*               Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru
*    Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
*    Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut;
*     Memfasilitasi peserta didikdalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
*    Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
*    Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
*    Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
*    Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran , turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
*    Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
*               Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
*      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
*      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
·            Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
*    Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
*    Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
*    Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
*    Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedy, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

VI.         Alat dan Sumber Bahan
·           Alat Peraga   : Peta, globe, atlas, media lainnya
·           Sumber         : Buku IPS kelas V
   Buku yang relevan



VII.         Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/Soal
·      Menggambar peta Indonesia dengan member simbol
·      Menyebutkan cirri-ciri kenampakan alam dan buatan
·      Menunjukkan pada peta pembagian wilayah waktu di Indonesia
Tertulis
Jawab singkat
-       Sebutkan ciri-ciri kenampakan alam dan buatan

Format Kriteria Penilaian
*          PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
·        Semua benar
·        Sebagian besar benar
·        Sebagian kecil benar
·        Semua salah
4
3
2
1


*          PERFORMANSI
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
·      Pengetahuan
·      Kadang-kadang Pengetahuan
·      Tidak Pengetahuan


·      Sikap
·      Kadang-kadang Sikap
·      Tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.







CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) x 10
*  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


P.Bun ……………………………………….2012
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                          Guru




(_______________________)                                    SASTRO SATRIO
NIP :                                                                            NIP :

No comments:

Post a Comment