RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : V/I
Alokasi Waktu : 12 x 35 menit
Pert. 8 – 11 (4 minggu)
I.
Standart Kompetensi
1.
Menghargai
berbagai peninggalan dan sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha,
dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di
Indonesia.
II.
Kompetensi Dasar
1.3 Mengenal
keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia
dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya.
III.
Tujuan Pembelajaran**
¨
Siswa
dapat mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah
waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa Hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence
), Jujur ( fairness ) dan
Ketelitian ( carefulness )
IV.
Materi Pokok
·
keragaman
kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan
peta/atlas/globe dan media lainnya.
V.
Langkah-Langkah Pembelajaran
(Pertemuan 1 – 4)
Pertemuan 8-11
·
Kegiatan
awal


·
Kegiatan
inti

Dalam kegiatan eksplorasi, guru :







Dalam kegiatan elaborasi, guru









Dalam kegiatan konfirmasi, guru :


·
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru :




VI.
Alat dan Sumber Bahan
·
Alat
Peraga : Peta, globe, atlas, media
lainnya
·
Sumber : Buku IPS kelas V
Buku yang relevan
VII.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/Soal
|
· Menggambar peta Indonesia dengan
member simbol
· Menyebutkan cirri-ciri kenampakan
alam dan buatan
· Menunjukkan pada peta pembagian
wilayah waktu di Indonesia
|
Tertulis
|
Jawab singkat
|
-
Sebutkan ciri-ciri kenampakan alam dan buatan
|
Format Kriteria Penilaian

No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
·
Semua benar
·
Sebagian besar benar
·
Sebagian kecil benar
·
Semua salah
|
4
3
2
1
|

No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
· Pengetahuan
· Kadang-kadang
Pengetahuan
· Tidak Pengetahuan
· Sikap
· Kadang-kadang
Sikap
· Tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) x 10

P.Bun ……………………………………….2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
(_______________________) SASTRO SATRIO
NIP : NIP :
No comments:
Post a Comment