Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : V/I
Alokasi Waktu : 12 x 35 menit
Pert. 5
- 7 (3 minggu)
I.
Standart Kompetensi
1.
Menghargai berbagai peninggalan dan sejarah
yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha, dan Islam, keragaman kenampakan
alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia.
II.
Kompetensi Dasar
1.2 Menceritakan
tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia.
III.
Tujuan Pembelajaran**
¨
Siswa
dapat Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di
Indonesia.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa Hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence
), Jujur ( fairness ) dan
Ketelitian ( carefulness )
IV.
Materi Pokok
·
Tokoh-tokoh
sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia.
V.
Langkah-Langkah Pembelajaran
(Pertemuan 5 – 7 )
Pertemuan 5-7
·
Kegiatan
awal
Mengajak semua siswa berdoa sesuai
dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaanmasing-masing, untuk mengawali
pelajaran
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·
Kegiatan
inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada
masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia.
Menjelaskan dan menyebutkan tokoh-tokoh
sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
Mengelompokkan tokoh-tokoh sejarah
pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia.
Membandingkan tokoh-tokoh sejarah
pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran dan memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan dilaboratorium, studio atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru
Memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut;
Memfasilitasi peserta didikdalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
Memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
Memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran , turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
Memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
·
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru :
Bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
Melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
Merencanakan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pembelajaran remedy, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik;
VI.
Alat dan Sumber Bahan
·
Alat
Peraga : Gambar / foto tokoh sejarah
pada masa Hindu-Budha dan Islam
·
Sumber : Buku IPS kelas V
Buku yang relevan
VII.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/Soal
|
· Menceritakan tokoh-tokoh sejarah
pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia.
· Menyebutkan tokoh-tokoh sejarah
pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
· Mengelompokkan tokoh-tokoh sejarah
pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
· Membandingkan tokoh-tokoh sejarah
pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
|
Tertulis
|
Jawab singkat
|
-
Sebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di
Indonesia
|
Format Kriteria Penilaian
PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
·
Semua benar
·
Sebagian besar benar
·
Sebagian kecil benar
·
Semua salah
|
4
3
2
1
|
PERFORMANSI
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
· Pengetahuan
· Kadang-kadang
Pengetahuan
· Tidak
Pengetahuan
· Sikap
· Kadang-kadang
Sikap
· Tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) x 10
Untuk siswa yang tidak memenuhi
syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
P.Bun ……………………………………….2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
(_______________________) SASTRO SATRIO
NIP : NIP :
No comments:
Post a Comment