Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : V/I
Alokasi Waktu : 12 x 35 menit
Pert. 5
- 7 (3 minggu)
I.
Standart Kompetensi
1.
Menghargai berbagai peninggalan dan sejarah
yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha, dan Islam, keragaman kenampakan
alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia.
II.
Kompetensi Dasar
1.2 Menceritakan
tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia.
III.
Tujuan Pembelajaran**
¨
Siswa
dapat Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di
Indonesia.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa Hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence
), Jujur ( fairness ) dan
Ketelitian ( carefulness )
IV.
Materi Pokok
·
Tokoh-tokoh
sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia.
V.
Langkah-Langkah Pembelajaran
(Pertemuan 5 – 7 )
Pertemuan 5-7
·
Kegiatan
awal


·
Kegiatan
inti

Dalam kegiatan eksplorasi, guru :






Dalam kegiatan elaborasi, guru









Dalam kegiatan konfirmasi, guru :


·
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru :




VI.
Alat dan Sumber Bahan
·
Alat
Peraga : Gambar / foto tokoh sejarah
pada masa Hindu-Budha dan Islam
·
Sumber : Buku IPS kelas V
Buku yang relevan
VII.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/Soal
|
· Menceritakan tokoh-tokoh sejarah
pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia.
· Menyebutkan tokoh-tokoh sejarah
pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
· Mengelompokkan tokoh-tokoh sejarah
pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
· Membandingkan tokoh-tokoh sejarah
pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
|
Tertulis
|
Jawab singkat
|
-
Sebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di
Indonesia
|
Format Kriteria Penilaian

No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
·
Semua benar
·
Sebagian besar benar
·
Sebagian kecil benar
·
Semua salah
|
4
3
2
1
|

No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
· Pengetahuan
· Kadang-kadang
Pengetahuan
· Tidak
Pengetahuan
· Sikap
· Kadang-kadang
Sikap
· Tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) x 10

P.Bun ……………………………………….2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
(_______________________) SASTRO SATRIO
NIP : NIP :
No comments:
Post a Comment